Peluang Usaha Budidaya Ikan Cupang

Peluang Usaha apapun bakal berjalan lebih simpel bila kita ada ketertarikan yang tinggi pada usaha yang kita lakukan, begitu dengan kesempatan usaha budidaya ikan cupang. Jikalau kalian satu orang penggemar atau jadi penghobi ikan hias terpenting ikan cupang maka kamu dapat menambah hobi kamu ini dengan berbisnis ikan cupang.

Modal.

Modal Kans Usaha Budidaya Ikan Cupang tak terlalu besar, cukup mempersiapkan areal sekitar 5 m persegi. Kamu cukup mempersiapkan uang untuk membeli indukan ikan cupang dan pakan ikan. Botol atau wadah kecil juga banyak kalian perlukan.

Pemasaran.

Pemasaran ikan cupang masih benar-benar terbuka, kalian bisa membuka kios ikan hias yang menjual ikan cupang. tidak cuma itu anak anak juga banyak yang menggemari ikan cupang. Untuk itu kalian bisa memasarkannya di dekat sekolah. Jikalau kamu memanglah ahli ikan cupang tentu kamu sudah tahu ikan cupang bermutu baik, ikan cupang bermutu baik sungguh-sungguh banyak di cari para kolektor ikan hias. Soal harga tentu kalian tak bakal mendagangkannya dengan harga Rp 5.000 – Rp 10.000 serupa kalian lakukan pada anak anak tapi bisa meraih jutaan rupiah apalagi bila memenangkan suatu kontes ikan cupang yang banyak di selenggarakan.

Cara Pelatiham Budidaya Ikan Cupang

Berikut ini saya bagikan petunjuk budidaya ikan cupang yang saya ambil dari blog ikan cupang.

Untuk membudidayakan atau mereproduksi ikan cupang hias tidaklah membutuhkan tanah yang luas, cukup mempersiapkan areal sekitar 5 m persegi. Di Wilayah Jakarta Pusat budidaya ikan cupang ada yang dicoba diatas dak tempat tinggal dan dipekarangan yang relatif sempit, dengan mengenakan wadah bekas ataupun kolam bak semen atau akuarium. Ikan cupang relatif sederhana dipelihara dan dibudidayakan lantaran tak membutuhkan pakan khusus. Pakan ikan untuk benih ikan cupang umumnya dikenakan pakan alami berbentuk kutu air atau daphnia sp, yang dapat dijumpai di got yang airnya tergenang. Untuk indukan ikan cupang dipakai pakan dari jentik-jentik nyamuk (cuk). Untuk perkembangan anakan ikan bisa diberi kutu air dan diselingi dengan cacing rambut, bakal lebih memacu perkembangan anak ikan.

Wadah Budidaya

Pada lazimnya wadah pemeliharaannya ialah bak semen atau akuarium yang ukurannya tak mesti besar yaitu cukup 1 x 2 m atau akuarium 100 x 40 x 50 cm, tengah wadah perkawinannya lebih kecil dari wadah pembesaran, yang bisa dikenakan di antaranya : baskom, akuarium kecil atau ember dapat dipakai untuk memijahkan ikan.

Ciri-ciri khusus

Ciri-ciri khas yang dipunyai oleh ikan cupang hias jantan ialah tidak cuma rupanya yang indah, siripnya pun panjang dan mirip sisir serit, alhasil kerap diucap cupang serit. Sebaliknya ikan betina rupanya tak menarik (kusam) dan bentuk siripnya lebih pendek dari ikan jantan.

Ciri ikan jantan untuk dipijahkan :

Umur � 4 bulan
Bentuk badan dan siripnya panjang dan memiliki warna indah.
Gerakannya agresif dan lincah.
Kondisi badan bugar (tidak terjangkit penyakit).
Ciri-ciri ikan betina :

Umur telah menggapai +- 4 bulan
Bentuk badan membulat menunjukkan siap kawin.
Gerakannya lambat.
Sirip pendek dan rupanya tak menarik.
kondisi badan sehat.
Pemijahan dan penjagaan ikan cupang

Setelah indukan ikan cupang hias dipersiapkan begitu pula dengan wadahnya maka langkah berikutnya ialah dicoba pemijahan :
Persiapkan wadah baskom/akuarium kecil dan bersih.
Isi wadah dengan air bersih dengan ketinggian 15 – 30 Cm.
Masukkan indukan ikan cupang jantan lebih awal sepanjang 1 hari.
Tutup wadah dengan penutup wadah apa saja.
Sehari seterusnya (sore hari) indukan betina telah matang telur dimasukan ke dalam wadah pemijahan.
Biasanya pada pagi harinya ikan cupang sudah mengeluarkan telur dan melekat disarang berbentuk busa yang dipersiapkan oleh indukan jantan.
Indukan betina cepat dipindahkan dan jantannya didiamkan untuk memelihara telur sampai menetas.
Pembesaran anakan

Ketika burayak ikan cupang hias sudah dapat berenang dan sudah habis kuning telurnya, sudah harus disiapkan sarana yang lebih besar untuk tempat pembesaran.
Pindahkan anakan bersama indukan jantannya.
Kemudian benih ikan diberi hidangan kutu air dan wadah ditutup.
Sepuluh hari selanjutnya anakan ikan dipindahkan ke tempat lain.
Dan sesudah itu tiap satu minggu, ikan dipindahkan ke tempat lain untuk lebih kencang tumbuh.
Pasca Panen

Pasca panen yaitu sehabis ikan cupang hias meraih 1 bulan sudah dapat dicoba pemanenan semuanya dapat diseleksi atau dipilih. Ikan yang bermutu baik dan ikan cupang hasil penyaringan dipisahkan dengan ditempatkan ke dalam botol-botol tersendiri supaya dapat meningkat dengan baik juga menjauhi perkelahian. Sesudah usia 1,5 sampai 2 bulan ikan cupang hias mulai terlihat keindahannya dan dapat dipasarkan.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *