Ketahui Tahap Perkembangan Anak 0-12 Bulan

Bayi baru lahir tidak lahir tanpa kemampuan apapun. Ia terlahir dengan refleks, yaitu pemberian dari Tuhan. Terkadang orang tua bingung karena tidak tahu itu bagian dari sesuatu yang normal bagi bayi. Banyaknya ludah yang berhubungan dengan refleksnya saat menelan semuanya merupakan bagian dari tahap Perkembangan Anak usia 0-3 bulan pada usia ini.

 

Salah satu tantangan utama biasanya juga berkaitan dengan tangisan. Kita sering panik dan menganggap menangis adalah pertanda bahaya, padahal menangis bisa menunjukkan banyak hal dan berhubungan dengan kebutuhan anak. Ini satu-satunya cara bayi berkomunikasi dengan dunia mereka. Akan ada saat dimana ayah dan ibu bisa membedakan arti dari setiap tangisan.

 

Pastinya. Semua bayi pada usia ini sangat memperhatikan respon dan ekspresi wajah orang dewasa disekitarnya. Dia sangat ingin bertemu orang dewasa yang benar-benar tersenyum. Banyak banget pengen dipeluk dan mendapat kehangatan dari orang tuanya Di bulan-bulan awal kehidupan Bayi usia 4-8 bulan suka sekali memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya.

 

Segala sesuatu di sekitarnya Apakah itu wajar. Jawabannya tentu saja. Ya, itu bagian dari tahap perkembangannya. Apa lagi yang wajar bagi anak seusia ini Sudah bisa meniru apa yang dilakukan orang tua melambai atau bermain ciluk ba bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, Karena apapun yang anda lakukan sudah mendapat respon dari sang buah hati, yang kecerdasannya semakin terbukti pada orang tua. Usia 4-8 bulan, yang juga lebih nyata adalah temperamen bawaan Bayi sudah mulai mengamati lingkungan, lebih baik Mendengar, menggonggong atau mendengar gonggongan anjing akan menghasilkan reaksi yang berbeda antara anak dengan temperamen bawaan yang berbeda. Ada yang langsung kaget atau menangis keras.

 

Ada orang yang menyembunyikan beberapa tampaknya hanya cuek. Nikmati zaman ini untuk mengenal lebih jauh. Seperti apa tahap perkembangan dan temperamen bayi Anda usia 8-12 bulan adalah petualangan luar biasa bagi bayi yang mobilitasnya sangat tinggi, Mulai dari belajar merangkak, hingga berjalan.

 

Pertumbuhan fisik yang luar biasa menyenangkan bagi orang tua. Namun ada tantangannya, karena seringkali kita hanya mengira bahwa tahapan Perkembangan Anak berkaitan dengan motorik dan fisiknya, Padahal pada usia ini anak mulai belajar berpura-pura Mulai meniru minum sesuatu dari gelas mainan Mulai benar-benar mengembangkan imajinasinya.

 

Dengan mulai menggoda orang tua dengan berpura-pura jatuh padahal sebenarnya dia bisa mengambil langkah, misalnya pada usia ini, perkembangan emosional sosial juga ditunjukkan dengan semakin dekat pengenalan orang tuanya dan kekhawatiran akan perpisahan atau berurusan dengan orang baru. Jangan khawatir jika bayi Anda menampilkan perilaku ini, karena menunjukkan perkembangan kognitif yang sesuai dengan tahapan perkembangannya. Hingga usia 12 bulan, orang tua adalah dunia anak, Begitu pentingnya peran pengasuh utama.

 

Sangat penting agar kita peka dan tanggap terhadap kebutuhan anak-anak. Orang tua yang suportif tidak mungkin bersikap dingin saat anak menangis. Orang tua yang sensitif, tidak akan membiarkan tangisan berlangsung terlalu lama, bahkan berhenti dengan sendirinya. Mengetahui bahwa setiap tangisan memiliki makna Bukan untuk membuat lelah atau dilakukan dengan sengaja, untuk mendapatkan perhatian, Tetapi karena adanya kebutuhan yang sah untuk bayi usia 0-12 bulan. Bayi di usia ini tidak membutuhkan peralatan yang mahal, contohnya baby walker yang seringkali berbahaya.

 

Jika digunakan tanpa pengawasan, Namun membutuhkan interaksi yang intensif dengan pengasuh utama orang tua. Diajak bermain adalah suatu kebutuhan. Jangan sampai kita hanya memenuhi kebutuhan fisik si kecil, tapi lupa bahwa selain senam merangkak, ia juga membutuhkan matanya. Dia juga perlu mendengarkan cerita dari orang dewasa di sekitarnya AT 0-12.

 

Usia berbulan-bulan tidak memaksa anak melampaui kemampuannya. Saat ini, dia ragu-ragu menghadapi orang asing atau orang dewasa yang baru mengenal lingkungannya. Apa yang kami lakukan adalah membuat transisi bertahap? Jangan Biarkan Sekali Lagi. Sikap sensitif dan tanggap orang tua merupakan sesuatu yang sangat esensial dalam apapun yang kita lakukan untuk bayi usia 0-12 bulan.

Next Post

No more post

You May Also Like