5 Tips Pilih Alat Kontrasepsi yang Tepat

Bagi saran pemerintah, untuk membikin keluarga berencana (KB) tiap pendamping suami istri menyukai pemrograman kehamilan yang baik.

Salah satu teknik untuk desain yang hendak sukses ialah pemanfaatan kontrasepsi yang tepat dan aman.

Saat ini, kontrasepsi juga dapat dikenakan sebentar atau permanen. Untuk kontrasepsi sementara, pada saat penggunaannya dihentikan, masih ada kemungkinan bagi Kalian untuk hamil lagi.

Rata-rata jikalau pendamping cuma ingin menunda kehamilan, bakal lebih baik memanfaatkan kontrasepsi untuk sementara.

Sebaliknya, kontrasepsi permanen ialah kelakuan sterilisasi yang dapat membikin seorang tak dapat menyemai lagi.

Tip dicoba untuk pendamping yang memanglah kesimpulannya tak menambahkan anak lagi.

Tidak cuma ada bermacam jenis, kontrasepsi juga tersedia dalam bermacam bentuk, termasuk pil KB, kontrol kelahiran suntik, implan atau susu, IUD atau spiral, pemotongan vasektomi pada pria dan juga memotong tubectomy pada wanita. Sumur 4oiKL, dari begitu banyak jenis dan bentuk, kira-kira bagaimana teknik penyaringan alat kontrasepsi dengan tepat dan aman?

Untuk menanggapi seluruh ketakutan Anda, berikut telah merangkum beberapa tipsnya!

1. Pada Saat menggunakan kontrasepsi, pahami tujuan Anda dan Pasangan Anda

Jika Kalian dan pendamping ialah mempelai dan mempelai pria dan berencana untuk menunda kehamilan, maka ialah tepat untuk memilah pil KB, kondom, atau kiat konvensional yaitu dengan menjumlah masa subur lewat sistem kalender.

Tidak cuma dapat menunda kehamilan, kontrasepsi jenis obat mencegah kehamilan juga dapat dengan kencang mengembalikan tingkat kesuburan dengan cara singkat sesudah pemakaian kontrasepsi dihentikan. Namun, apabila Kamu dan kolega Kamu ingin mengenakan kontrasepsi dengan lebih mudah, pilih jenis kontrasepsi kondom.

2. Pilih usia yang sama dengan Kamu dan sahabat Kamu kala ini

Ketika Saat Sebelum beres untuk mengambil kontrasepsi, Kalian dan pendamping Kamu butuh mengakhiri jenis kontrasepsi yang serupa dengan usia Kalian dan mengagendakan hidup Kamu di masa depan.

Jika Kamu dan pendamping Kamu berumur 20-35 tahun dan ingin menunda kehamilan, Kamu dapat menggunakan AKDR atau spiral. Seperti Itu pula bagi Kamu yang anyar saja melahirkan dan ingin memberikan kesenjangan usia antara dua anak. Lantaran spiral tak ingin menekan produksi ASI pada ibu yang tengah menyusui.

Sebaliknya bagi Kalian yang berumur di atas 35 tahun dan berat tangan ada anak lagi, cara kontrasepsi yang dapat dicoba ialah sterilisasi, berbentuk tubectomy untuk anak cewek atau vasektomi untuk pria.

3. Mengerti kondisi tubuh dengan baik

Ketika Saat Sebelum menyudahi kontrasepsi, kenali kondisi tubuh Kalian sebelumnya. Pada dasarnya, ramuan kontrasepsi dipisahkan jadi dua jenis, beberapa hormonal (seperti pil KB, kontrol kelahiran suntik, implan) dan non-hormonal (seperti IUD dan kondom).

Pada beberapa orang, kontrasepsi hormonal bakal memusingkan sistem kerja hormonal bagaikan akhirnya dapat menciptakan transformasi dalam tubuh, serupa dengan perkembangan berat badan, sakit kepala, sepanjang transformasi siklus menstruasi.

Sebaliknya, kontrasepsi non-hormonal tak mempunyai hormon sama sekali bagaikan jadinya takkan anda efek samping yang dapat pengaruhi tubuh.

4. Mengukur efektivitas kontrasepsi

Meskipun mempunyai tujuan untuk mempertimbangkan atau memperpendek jarak kehamilan, tapi sepertinya tak segenap kontrasepsi dapat menolong wanita untuk hamil. Oleh karna itu,

Oleh lantaran itu, Kamu dan kolega Kamu mesti mengetahui malahan menempuh tujuan pemanfaatan kontrasepsi.

Misalnya, jikalau Kamu dan pendamping tak ingin hamil lagi, maka kontrasepsi yang dapat diseleksi ialah teknik sterilisasi lantaran sikap permanen, tubectomy pada wanita atau vasektomi pada pria.

5. Konsultasikan dengan dokter

Terakhir dan yang paling bermakna ialah meminta nasihat dengan dokter. Apabila Kalian mempunyai riwayat kedokteran yang dapat pengaruhi pemanfaatan teknik kontrasepsi, tak boleh canggung untuk bertukar pikiran dengan dokter kandungan.

Dengan mengetahui riwayat pengobatan Anda, dokter dapat memberikan informasi tentang opsi kontrasepsi karna masa kehamilannya baik dan dipastikan hendak digunakan.

Well, itulah lima kiat untuk memilah kontrasepsi yang tepat dan aman.

Sumber : tundakehamilan.com

 

You May Also Like